5 Cara Menjalani Binis Sampingan Supaya Lebih Menyenangkan

Januari 19, 2020 by Tidak ada Komentar

Kebutuhan yang mendesak seringkali memaksa seseorang untuk bekerja ekstra di luar pekerjaan utamanya. Ada banyak pekerjaan sampingan, baik itu sebagai pekerja paruh waktu maupun menjalankan bisnis sampingan. Namanya saja bisnis sampingan, tentunya kita hanya mengalokasikan ‘sisa waktu’ di luar pekerjaan utama. Bisa jadi ketika waktu luang, sepulang bekerja ataupun ketika hari libur. Lumayan kan, sanggup mendapatkan penghasilan suplemen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Sobat izwi, meskipun bisnis sampingan, kita harus tetap menjalani bisnis tersebut dengan total. Jika tidak serius, justru akan menambah persoalan dalam hidup kita. Jangan hingga kamu dibentuk repot sendiri dengan adanya bisnis sampingan yang kamu jalani sehingga mengganggu acara utama kita. Cobalah untu mencari cara-cara yang lebih menyenangkan supaya terhindar dari stres ketika menjalani bisnis sampingan. Nah, kali ini Bala sudah merangkum 5 Cara Menjalani Bisnis Sampingan Agar Lebih Menyenangkan. Yuk, simak selengkapnya!

1.Lakukan Bisnis yang Sesuai dengan Bidang, Minat dan Passion

Saat memutuskan jenis bisnis yang akan kamu jalani, sanggup kamu mulai dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan bidang, minat serta passionmu. Hal ini akan mempermudah bagimu ketika menjalaninya. Bisnis yang sesuai minat akan mendorong semangatmu untuk melaksanakan yang terbaik. Berbeda dengan menjalankan bisnis yang bukan bidangnya, akan terasa lebih berat. Bahkan kamu akan merasa ogah-ogahan. Jika itu sesuai degan passionmu, kamu akan lebih enjoy sehingga hasilnya pun memuaskan.

Misalnya kamu hobi mendesain baju, kamu sanggup mulai mendesain baju untuk diproduksi dan dijual ke orang lain. Atau kamu hobi menggunakan make-up? Cobalah menciptakan video tutorial menggunakan make-up kemudian upload di youtube atau blog. Siapa tahu sanggup menjadi bisnis, kamu sanggup menjual produk make-up, skin care, dst. Juga berpeluang untuk mendapatkan banyak usulan kerjasama promosi produk atau mengendorse alat make-up padamu. Menarik, bukan?

2. Jual Ke Orang Terdekat dan Membangun Jaringan Pelanggan

Bisnis sampingan tidak perlu ‘ngoyo’ alias bekerja terlalu keras untuk mendapatkan hasil yang banyak. Kamu sanggup memulai dengan memperlihatkan produk ke orang-orang terdekat di sekitarmu. Jika produkmu terbukti bagus, maka kamu akan mendapatkan kesempatan untuk promosi gratis dengan testimoni yang mereka berikan. Semakin banyak testimoni yang cantik masuk, maka kesempatan untuk memperluas jaringan dan mendapatkan pelanggan akan semakin terbuka lebar. Meraih kepercayaan pelanggan jadi PR utama kamu. Selanjutnya, orderan yang tiba akan semakin lancar.

3.Buat Target-Target Kecil Agar Bisnis Tidak Menjadi Beban

Menetapkan target-target yang besar dan tinggi tentu saja boleh. Namun, semakin tinggi sasaran bisnis yang harus kamu penuhi, bisnis jadi terasa makin berat seolah menjadi beban berat. Kamu akan cenderung cepat bosan ketika menjalankan bisnis, kesudahannya praktis menyerah. Nah, untuk menyiasatinya kamu sanggup memecah sasaran besarmu menjadi poin-poin sasaran yang lebih kecil.

Tujuannya, supaya targetmu cepat terpenuhi dan berusaha menjalankan sasaran berikutnya. Kamu akan lebih enjoy dan ringan alasannya ialah mind set-mu juga ikut berubah. Menjalani bisnis sampingan jadi lebih menyenangkan, bukan?

4. Abaikan Komentar Negatif yang Menjatuhkan

Bisnis apalagi sampingan, seringkali menerima cemooh dari orang-orang disekitar kita. Sehingga, kitapun praktis terpengaruh oleh komentar negatif yang cenderung menjatuhkan tersebut. Padahal, yang tahu seluk beluk bisnis yang kita jalani ialah kita sendiri. Kamu berhak memutuskan apakah mendapatkan komentar negatif tersebut mentah-mentah kemudian membuatmu down, atau menepis komentar negatif tersebut dengan perilaku yang optimis. Buktikan bahwa bisnismu memang layak untuk dijalankan, menghasilkan, serta sanggup berkembang lebih besar lagi. Anggaplah komentar tersebut sebagai semangat untuk melaksanakan yang terbaik. Jadi, abaikan komentar negatif yang bersifat menjatuhkan. Show must go on!

5.Atur Waktu yang Tepat Untuk Menjalankannya

Bisnis sampingan juga memerlukan waktu untuk sanggup menjalaninya dengan baik. Pilihlah waktu yang sempurna untuk menjalankannya, kalau kamu mempunyai pekerjaan tetap tentu pekerjaanmu lebih utama. Jangan coba-coba untuk mencuri-curi waktu jam kantor untuk menjalankan bisnis sampingan. Karena kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal dari keduanya. Fokuslah pada apa yang ada didepanmu. Atur waktu yang tepat, buatlah jadwal contohnya sesudah pulang dari kantor, satu jam sebelum berangkat ke kantor, atau ketika final pekan. Kuncinya mengatur waktu sebaik mungkin.Usahakan menjalani bisnis dengan konsisten dan kontinyu sehingga hasilnya tampak dan memuaskan.

Nah, itulah 5 Cara menjalani bisnis sampingan supaya lebih menyenangkan. Jika kamu mempunyai cara tersendiri, sanggup kamu share di sini ya! Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *